Alfamart

alfamart-logo

PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (SAT) berawal pada tahun 1989 dengan dimulainya usaha dagang rokok dan barang-barang konsumsi oleh pendiri, yaitu Djoko Susanto. Pada tahun 1999 usaha tersebut beralih ke bidang usaha minimarket yang diawali melalui PT Alfa Mitramart Utama dan menjadi fokus bisnis utama yang terus berlanjut hingga saat ini.

Alfamart didirikan pada tanggal 18 Oktober 1999, terlahir dengan nama Alfa Minimart sebagai bagian dari unit usaha ritel grup Sampoerna. Dengan aktivitas utama dalam bidang distribusi dan penjualan FMCG untuk memenuhi kebutuhan konsumen sehari-hari, Alfamart kemudian hadir di kawasan-kawasan pemukiman dan perkantoran di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Lahir di saat krisis moneter yang melanda negeri ini bukan menjadi halangan bagi Alfamart untuk berkembang. Segmentasinya yang jelas serta core business yang menjual kebutuhan konsumen sehari-hari membuat Alfamart tidak cuma bertahan di saat krisis, tapi juga dapat mencatatkan pertumbuhan yang signifikan.

Pada tahun 2003 nama Alfa Minimart berubah menjadi Alfamart. Setelah terus berinovasi dan membangun sistem yang luar biasa, Alfamart mendapat Standarisasi ISO 9001:2000 pada tahun 2006 dan hebatnya lagi Alfamart menjadi jaringan minimarket pertama yang berhasil mengantongi sertifikasi tersebut. Pada tahun yang sama, minat untuk memiliki bisnis ini melalui skema waralaba juga semakin deras sehingga Alfamart berhasil mendapatkan penghargaan Franchise Gold sebagai merek waralaba paling diminati. Ditahun-tahun berikutnya tak terhitung lagi penghargaan bergengsi di tanah air ini yang berhasil diraih oleh Alfamart.

Dengan segudang modal penghargaan dari masyarakat tersebutlah dan juga untuk mewujudkan visi perusahaan untuk menjadi jaringan distribusi ritel yang dapat dimiliki oleh masyarakat luas, Alfamart akhirnya dengan berani mencatatkan sahamnya melalui Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia di awal tahun 2009. Sampai dengan saat ini Alfamart telah menjangkau seluruh daerah Pulau Jawa dan Bali, Pulau Sumatera (Dalam proses: Aceh, Sumatera Barat dan Pangkal Pinang), Sulawesi Selatan dan Utara di Pulau Sulawesi dan Pulau Kalimantan di daerah Kalimantan Selatan dan Barat.

Publish on April 8th, 2016 under Franchise Of The Month by admin | 1 Comment »

Komentar:

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Facebook


Twitter


Translate ยป